Kamis, 23 Februari 2012

Apa itu Meme?

Siapa yang tidak kenal dengan film 300? Film 300 yang dibintangi Gerard Butler ini mendapatkan penghargaan sebagai The Best Movie of 2007 dari MTV Awards, dan pada tahun 2008, film inimendapatkan Penghargaan Saturn Award sebagai The Best Action/Thriller/Adventure Film. Salah satu kata-kata yang terkenal(Most Memorable Quote)-nya adalah teriakan “SPARTTAAA!!!”. Teriakan “SPARTA!!” yang terkenal ini membuat beberapa kalangan gila Komputer, IT dan Fotografi ini merasa tertarik dan membuat editan foto yang menampilkan gambar Gerard Butler yang berteriak “SPAARTAA!” dengan tulisan “SPARTA!” Foto-foto ini kemudian dipublikasikan di Internet dan menjadi sangat fenomenal dan lucu, sehingga membuat kalangan IT dan Fotografi lainnya juga melakukan hal yang sama. Persitiwa editan foto “SPARTA!” inilah yang merupakan salah satu dari yang disebut dengan Internet Meme(baca:mim), masih banyak lagi jenis-jenis internet meme lainnya, namun sebeleum itu kita harus tahu terlebih dahulu apa itu internet meme dan bagaimana itu terjadi..

Apa itu Internet meme?

Internet meme.adalah sebuah frase untuk mendeskripsikan sebuah kalimat-kalimat tertentu atau sebuah konsep yang tersebar secara luas melalui layanan Internet. Meme itu sendiri seperti perwujudan dari sebuah budaya, seperti teori,gagasan,kebiasaan, lagu dan suasana hati. Sehingga internet meme dapat diartikan sebagai perwujudan dari budaya internet.

Beberapa Contoh Internet Meme

Seperti yang telah disebutkan foto SPARTA, merupakan salah Satu contoh dari internet meme. Selain contoh di atas masih banyak yang lain, seperti animasi Caramelldansen(atau dikenal di Jepang sebagai Uma Uma Dance), sebuah animasi pendek yang menunjukkan beberapa karakter kartun berdansa dengan tangan di atas dan jari diayunkan dengan pinggul dan pinggangnya bergoyang sambil mendengar lagu "Caramelldansen" yang diputar,"Caramelldansen" adalah lagu terkenal dari Swedia, yang dirilis oleh Grup Band Swedia “Caramell”, lagu ini bertempo cepat dan bersifat sangat riang, dan akibatnya lagu ini menjadi booming di kalangan penggila internet, dan banyak membuat animasi dengan karakter lainnya,bahkan melakukan aksi dansanya secara langsung. Ada juga animasi Flash “Loituma Girl” atau lebih dikenal dengan “Leekspin” dimana sebuah animasi yang menunjukkan seorang karakter kartun memutar leek(bisa disebut sebagai daun bawang), sambil “menyanyikan” lagu Ievan Polka, lagu Finlandia yang ditulis Eino Kettunen pada tahun 1930 dengan nada tradisional dansa Polka versi Finlandia. Versi lagu yang digunakan dalam animasi ini adalah yang dinyanyikan grup Band Finlandia, Loituma. Ide leekspin ini pertama kali dibuat ketika terdapat scene di dalam anime Bleach, dimana Karakter Orihime Inoue, sedang berbelanja bahan makanan dan secara sengaja memutar daun bawang. Gara-gara adegan tersebut,beberapa penonton merasa bahwa hal itu lucu dan menarik dibuat versi panjangnya dengan menyanyikan lagu Ievan Polka, serta versi karakter lain. Selain beberapa animasi lucu di atas masih banyak jenis-jenis Iinternet Meme lainnya yang lucu dan menarik.

Apa sih baik buruknya Internet Meme?

Keuntungan dari internet meme ini adalah bias membangkitkan kreatifitas seseorang untuk melakukan atau membuat gambar atau video yang bias membuat orang senang dan tertawa, selain itu dengan memvariasikan berbagai internet meme, atau membuat internet meme yang baru dapat membantu mereka dalam tingkat kesosialan mereka, sehingga jaringan social antar individu semakin meningkat dengan berbagai internet meme, mereka bisa saling berbagi foto atau yang lainnya. Namun Internet meme, juga mendatangkan berbagai keburukan, beberapa foto yang ditampilkan di internet meme kadang ada yang tidak senonoh dan tidak patut untuk ditonton sehingga dapat memberikan predikat atau perilaku yang buruk bagi individu tertentu.

Perkembangan Internet meme di Indonesia

Perkembangan internet meme di Indonesia cenderung sangat kurang, karena masyarakat Indonesia cenderung serius dalam menanggapi internet meme seperti itu, sehingga perkembangan internet meme di Indonesia cenderung kurang. Salah satu factor yang menyebabkan Internet meme kurang berkembang di Indonesia, adalah kurangnya sarana Internet di berbagai daerah, dan masih menggunakan media elektronik, dan komunikasi handphone untuk mengetahui berita-berita yang dikenal.

Jadi, apakah Indonesia bisa membuat internet meme?

Indonesia sebenarnya bisa membuat semacam internet meme dan lainnya,hanya saja kekurangan sarana internet dan pendidikan teknologi computer, dapat menghalangi perkembangan internet meme di Indonesia. Selain itu berbagai sensor di Indonesia juga bisa menghalangi kreatifitas kalangan gila TI di Indonesia, karena mereka membutuhkan kreatifitas dalam membuat sebuah internet meme, bila membuat sebuah gambar dilarang, bagaimana mereka bisa membuat Internet meme.



Inilah contoh-contoh Meme yang ada di dunia:
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar